6 Nov 2017

Temukan Ponsel! Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang dengan Gmail

Temukan ponsel saya Google! begini cara melacak hp samsung yang hilang dengan Gmail jika kamu sedang panik, tenangin pikiran dulu ambil nafas dalam-dalam. Namun jika kamu hanya sedang mencari info tentang menemukan hp Samsung hilang silahkan baca baik-baik yah..! Apalagi kalau hp Samsung tersebut pemberian pacar atau mantan...wah sayang banget kan!

Nyatanya cara melacak hp Samsung yang hilang cukup dengan masuk pake akun Google (Gmail) ke fitur yang sudah disediakan Google. Tanpa tambahan aplikasi yang nggak jelas, jadi nggak usah instal aplikasi pelacak hp lewat Play store yang aneh-aneh. Karena Google sudah menyediakan kita sebagai pengguna Android fitur gratis tersebut. Apa kak namanya dan gimana cara mendeteksi hp yang hilang?
cara melacak hp hilang

Android Device Manager atau Temukan perangkat saya, yap dengan itu kita sudah dapat melakukan cara melacak Android hilang, mengunci layar hp serta menghapus data-data didalam hp hilang tersebut. Karena kita akan menggunakannya untuk mendeteksi hp Samsung hilang maka saya pastikan kawan-kawan tidak lupa nama akun Google (Gmail) dan kata sandi akun di Samsung tsb. Namun bila kamu lupa akun Gmail di Hp Android yang hilang, temukan pada tautan pake cara tersebut.!

Temukan Ponsel Saya Google! Cara Melacak HP Samsung Yang Hilang dengan Gmail

1# Cara Melacak Hp Samsung Yang Hilang

Sekarang mari kita mulai panduan pertama untuk melacak hp samsung yang hilang dengan email Gmail yang tersinkron. Karena cara yang pertama, kedua, ketiga memerlukan bantuan lewat internet pastikan kalau perangkat (hp / laptop) sudah terkoneksi dan saya pastikan kamu masih ingat sandi dan akun Google-nya.

1. Untuk langkah awal pelacakan hp Samsung ini kamu harus membuka halaman yang disebut Android Device Manager dari tautan link berikut dengan membukanya melalui browser Google Chrome, Opera mini atau UCbrowser. Android device manager
Selain itu kamu bisa instal aplikasi resmi dari Google ini di hp Android yang lain lewat Play store: aplikasi Temukan perangkat saya
cara melacak hp samsung yang hilang
2. Setelah itu kamu harus memasukkan nama alamat akun Gmail serta kata sandi akun di halaman awal tersebut. Jika kamu memakai browser Chrome pastikan sudah keluar dulu dari akun Google-Gmail yang lain. Maksudnya, masuklah dengan akun Google yang dipake masuk di Hp Samsung yang hilang. Atau bisa pake Chrome di laptop coba tekan Ctrl+Shift+N
cara melacak hp samsung android yang hilang
Atau jika pake aplikasi yang sudah terinstal pada hape yang berbeda silahkan tekan "Login sebagai tamu" lalu masukkan email Gmail tekan "Berikutnya" > ketikkan sandi > Tekan Masuk
Cara lain: Jika kamu lupa kata sandi Gmail silahkan ganti dulu untuk mengembalikan akun Gmail lagi dengan email pemulihan akun Google.

3. Kalau sudah berhasil masuk Android Device Manager melalui laptop atau pc, jika muncul tampilan seperti gambar ini klik saja "Terima". Dan jika menggunakan aplikasi tidak akan muncul seperti gambar ini.
cara melacak hp samsung
4. Lalu silahkan menuju bagian untuk melacak posisi hp hilang dengan tampilan Google Maps. Pastikan kalau dari menu yang terlihat, hp Samsung tersebut masih berstatus online jika hape offline kamu hanya bisa melihat keberadaan hp Android yang hilang pada posisi terakhirnya saja.
cara melacak hp samsung yang hilang dengan gmail
5. Untuk melihat lokasi dari tahap pertama melacak hp Samsung lebih detail cobalah zoom atau memperbesar peta di Google Maps dengan klik tombol plus (+) kalau pake pc atau laptop.

2# Cara Mengunci Hp Samsung Hilang

Selain digunakan untuk cara melacak hp Samsung hilang kita bisa kunci layar handphone tersebut. Dengan mengunci layarnya jika hilang di curi pencurinya nggak bisa apa-apa selain melihat layar yang terkunci meskipun kamu mengaktifkan kunci pola Android. Sekarang mari kita mulai saja yah!

1. Pastikan kamu sudah mengikuti beberapa tahapan di atas sampai bisa masuk akun Android Device Manager. Lalu jika kamu memakai aplikasi Temukan perangkat saya sudah jelas terlihat harus tekan tombol yang mana.
2. Selain itu kamu juga dapat mengisikan pesan pemberitahuan kepada penemu hp Samsung-mu yang hilang. Lengkapi juga dengan nomor yang dapat di telepon, ini akan muncul di layar yang terkunci. Kemudian tekan tombol "Kunci" tunggu sampai proses penguncian selesai.
cara mencari hp samsung yang hilang

3# Cara Hapus Data di Hp Samsung yg Hilang

Gimana apa sudah menemukan lokasi kehilangan hp dan mengunci layarnya? jika tidak dapat ditemukan silahkan menghapus data-data di dalam memori agar lebih aman dan memberikan kamu rasa tenang.

Dan jika hp tidak ketemu jangan pernah mencari cara melacak hp Android yang hilang melalui IMEI. Karena kita sebagai orang awan tidak bisa menghubungi operator seluler, hanya pihak berwajib saja sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku di negara Indonesia.

1. Perlakuan untuk penghapus data ini kayak kita melakukan factory reset atau kembalikan ke setelan pabrik. Pilih saja tombol "Hapus"
2. Dengan seperti ini maka semua file termasuk foto atau video di memori internal akan hilang terhapus. Jadi aman kan? data penting dan file yang sifatnya pribadi tak disalah gunakan orang yang tak bertanggung jawab. Kalau hp Android yang hilang masih dalam keadaan mati data akan di hapus secara otomatis kalau sudah menyala.
cara melacak hp samsung galaxy hilang lewat internet

Hubungan Factory Reset Protection dengan hp Android hilang

Enak lagi kalau hp Android kamu sudah dilengkapi Factory Reset Protection (FRP) yang sudah ada di versi Android Versi Lolipop 5.1.1 ke atas. Kalau fitur FRP sudah aktif di hp Android yang hilang, maka jika kondisi hp terkunci dengan pola lalu si penemu mencoba me-nyetel ulang data pabrik (factory reset) tenang dia tidak bisa masuk ke akun Google.

Karena sistem Android akan meminta akun Google yang pertama kali dibuat login di Android tsb. Jadi pastikan kamu selalu mengaktifkan Factory Reset Protection ini di Hp Samsung Galaxy terbaru. Pokoknya jangan lupa aktifkan FRP serta kunci layar sebab ini akan bekerja jika hp hilang di curi lalu orang lain mencoba setel ulang.

Meskipun hp Android kita hilang lalu orang tersebut mencoba membawa ke konter atau servis center tetap membutuhkan disc book dan struk / kwitansi pembelian. Karena sudah dilindungi dengan keamanan akun Google serta teknologi Factory Reset Protection.

Fitur Lini Masa di laman "Temukan perangkat saya"

Kemarin saya melacak hp Samsung Galaxy A5 hilang milik teman saya melalui laptop bukan aplikasi. Nah, yang membuat saya punya pengalaman baru adalah fitur "Linimasa" Google Maps yang terdapat di versi Android Marshmallow.
aplikasi pelacak hp samsung android hilang
Linimasa Google Maps
Dari menu tersebut saya bisa melihat beberapa lokasi yang sudah pernah dilewati atau dikunjungi teman saya dan terekam pada "Linimasa". Karena memang dia sudah mengaktifkan fitur akses lokasi di Samsung Android tsb. Jadi dari tambahan fitur tersebut bisa dijadikan cara mencari hp Samsung yang hilang per tanggal yang ditunjukkan dengan grafik.