17 Agu 2018

10 Tips Memilih Tempat Duduk KA Ekonomi Eksekutif & Denahnya

Mencari tips memilih tempat duduk kereta api memang sangat penting, baik tempat duduk dari kereta berkualitas ekonomi dan eksekutif, untuk mengetahui cara tersebut cukup mudah kok coba kamu membaca saran yang saya tulis di artikel ini, jangan khawatir waktu kamu terbuang sia-sia disini karena artikel ini cukup singkat, jelas, dan berisi.

Bahkan kami juga sudah menyiapkan denah posisi tempat duduk kereta api ekonomi dan eksekutif untuk menambah informasi kamu supaya bisa mengetahui tampat yang nyaman menurut pribadi kamu.
Memang sudah tidak heran jika kereta sangat ramai di pilih oleh masyarakat karena transportasi ini bebas dari mancet dan sangat cepat jika dibandingkan dengan transportasi darat lainya, apalagi sekarang semua kereta api di Indonesia sudah diperbaiki oleh PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) jadi untuk segi keamanan bisa dikatakan untuk saat ini lebih baik dari pada tahun sebelumnya.

Untuk jenis kereta api ekonomi dan eksekutif kualitasnya tetap masih bagus kereta eksekutif  dikarenakan harganya lebih mahal daripada kelas ekonomi, jadi jika kamu termasuk orang yang mencari kenyamanan eksatra lebih baik memilih sekelas eksekutif walaupun harus membeli harga tiket yang lebih mahal.

Membahas tentang kelebihan dari kedua jenis kelas kereta api tersebut berikut akan saya terangkan lebih detail fasilitas dari masing-masing kereta api berdasarkan dari derajatnya.

Fasilitas kereta api eksekutif

Yang pertama kita bahas adalah kereta api eksekutif karena menurut informasi yang saya dapat banyak orang yang lebih memilih kereta level ini karena berbagi alasan tentang kelebihannya, nah supaya tidak penasaran mari kita lihat lebih lengkap di bawah ini.

1. Keamanan

Bisa dikatakan kerata berkelas eksekutif sangat aman karena PT Kereta Api Indonesia (PERSERO) selalu menyipakan polisi khusus kereta api (POLSUSKA) untuk berjaga-jaga saat perjalanan, pada umunya terdapat dua polisi untuk setiap satu kereta api, tentu saja hal ini dapat mengurangi kasus kejahatan di dalam gerbong kereta api.

2. Tampilan berkelas

Untuk segi penampilan sangat mewah, selain itu ada beberapa manfaat dibalik kemegahan disain kereta api eksekutif, seperi misalnya beberapa kereta api level ini mempunyai cendela yang cukup kecil seukuran pintu pesawat yang berguna untuk melindungi penumpang dari silau cahaya luar.

Sedangkan untuk  jenisa kereta yang mempunyai pintu panjang dan lebar mampu memberikan kennyamanan lebih bagi penumpang yang suka melihat pemandangan karena dengan ukuran yang sudah diperhitungkan kita bisa lebih leluasa melihat suasana di luar kereta, akan tetapi kekuranganya adalah bisa terkena silau cahaya matahari.

3. Kenyamanan

Setiap kereta api eksekutif memilik kapasitas penumpang sebanyak 52 kursi dengan jenis kursi reclining seat yang bisa kamu atur untuk bersandar hingga 50 drajat, selain itu terdapat tempat pinjakan kaki yang sudah diatur agar bisa memposisikan kakimu dengan manja, pihak kereta api juga biasanya sudah menyiapkan selimut dan bantal secara gratis, serta hiburan berupa video movie.

4. Kesehatan

Kalau kamu lupa tidak membawa bekal makan jangan khuatir karena kereta jenis eksekutif telah menyediakan layanan makan dan minuman, biasanya pramugari kereta berkeliling untuk menawarkan makanan dan minuman pada penumpang, kamu bisa menyantap hidangan dikursi penumpang atau ke tempat khusus yang didisain seperti mini cafe.

Selain itu masih banyak pula keunggunlan jenis kereta eksekutif yang bisa kamu dapatkan seperti toilet yang sangat bersih, kepastis AC dan kenyamanan lainnya.

Fasilitas kereta api ekonomi

Menurut sumber yang saya dapat kelas ekonomi saat ini sangat berbeda jauh dengan yang dulu, bahkan beberapa penumpang menyampaikan bahwa sekarang hampir mirip seperti kelas eksekutif, penasaran yah apa saja sih fasilitas terbarunya?  berikut adalah diantaranya.

1. Harga lebih murah

Kalau masalah harga memang sudah umum jika ekonomi lebih murah dari eksekutif dikarenakan kualitas eksekutif tetap lebih baik dari pada kelas ekonomi mekipun sudah melakukan pembaruan, akan tetapi hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika penumpang ingin menggunakan kereta api yang murah meskipun tidak memiliki kenyamanan yang ekstra.

2. Kenyaman

Untuk kenyamannya juga sangat jauh berbeda dengan yang dulu saat ini beberapa kereta ekonomi telah menggunakan AC untuk menjaga suhu ruangan dalam kereta api tetap dingin sehingga penumpang bebas dari gerah, kereta ekonomi juga telah dipasang kamera CCTV untuk keamanan penumpang jika terjadi kehilangan barang.

3. Kelas Ekonomi

Untuk jenis kelas ekonomi terbagai menjadi tiga kelas yaitu kelas ekonomi AC, Ekonom AC Plus Kemenhub, Ekonomi AC Plus New Image, dan Ekonomi AC Premium nah semakin mahal jenis kereta api ekonomi juga semakin bagus pula kualitasnya, sedangkan fitur nomor 1 dan 2 di atas tadi adalah layanan yang sering kita temui disemua kelas tersebut.

4. Kedepannya

Pada tanggal 19 Januari 2018 yang lalu PT KAI (Persero) telah menguji coba kereta api terbaru yang berpenampilan stenlis steel dengan demikian tampilannya cukup memukau jika dibandingkan dengan kereta api buatan tahun lalu. Saat artikel ini saya tulis masih belum pasti kapan kereta ini akan resmi deterbitkan.

Sumber dari wikipedia 

Gimana menurut kalian tentang kedua kelas kereta api tersebut? Pilih yang menurut kalian cocok aja karena belum tentu suatu hal yang lebih mahal bisa kita nikmati jika hati tidak bersependapat.

Denah Kereta Api Eksekutif

Untuk mengetahui memilih posisi tempat duduk yang nyaman hal pertama adalah mengetahui denah tempat duduk kereta api dari masing-masing kelasnnya, yang pertama adalah membahas denah kereta api eksekutif.
Untuk model kereta api terbagi menjadi tiga model kamu bisa lihat gambar di atas, saya akan menerangkan beberapa tentang keterangan posisi tempat duduk pada setiap model gerbong kereta api.

Moedel 1: Memiliki 50 tempat duduk dengan pintu gerbung di sebelah kiri dan kanan, semua penumpang menghadap ke depan dan memiliki dua tempat duduk untuk perorangan (Single seat) yaitu di kursi 1D dan 13A kursi tersebut juga sangat cocok untuk orang yang suka melihat-lihat pemandangan, pergi ke toilet dan lain sabagainya.

Model 2: Untuk yang model 2 sangat jauh bereda dengan yang pertama karena memiliki pintu yang berda di tengah gerbong hingga mampu menampung 52 kursi penumpang dengan menghadap ke depan, selain itu juga tidak ada kursi untuk perseorangan (Single seat)

Model 3: Sedangkan untuk jenis model yang terakhir ini sama dengan model yang pertama mempunyai 50 kursi penumpang dengan menghadap ke depan dan pintu gerbung sebelah samping, akan tetapi toilet yang disediakan kerta api eksekutif model 3 cuma satu.

Denah Kereta Api Ekonomi

Jenis kereta api ekonomi terdapat dua jenis model yaitu ekonomi AC ("Ombak biru" & Abu-abu strip orange) dan ekonomi (Orange) kedua model tersebut sangat jauh bereda kamu bisa lihat gambar denah dan keterangannya di bawah ini.

Model Ekaonomi (Orange): Bisa dikatakan kereta api jenis model ini relatif lebih murah karena mendapatkan subsidi dari pemerintahan, terdapat AC rumah untuk penyejuk ruangan, satu kereta mampu menampung 106 tempat duduk penumpang dengan posisi saling berhadapan dan dibagi menjadi dua baris masing-masing barisan terdapat tiga dan dua kursi.

Sama seperti kelas ekonomi AC bisa sewa bantal, membeli makanan minuman, tempat untuk cas hp dan tempat duduk tidak bisa di atur.

Model Ekonomi AC ("Ombak biru" & Abu-abu strip orange): Satu kereta terdapat 80 tempat duduk dengan saling berhadapan satu sama yang lain, nah jika kita berangkat rame-rame hal tersebut tentu tidak akan menjadi masalah, setiap kursi dibagi menjadi dua baris yang berisikan dua kursi lengkap dengan tempat cas, kamu juga bisa sewa bantal bila ingin tidur.

Jika lapar kamu bisa membeli makan pada pramugari, sedikit dari kereta api jenis ini yang menyediakan hiburan TV Movie bahkan kursi untuk bersadar tidak dapat diatur

10 Tips memilih tempat duduk kereta api

Seteleh itu mengetahui gambaran denah kereta api pasti kamu sudah memikir tempat yang cocok untuk kamu tempati tapi jangan terburu-buru untuk pesan tiket terlebih dahulu karena belum tentu tempat tersebut benar-benar nyaman.

Terus bagai mana caranya mengetahui tempat duduk mana yang harus di hindari?

Berikut adalah sepuluh tips memilih tempat duduk kereta api kelas ekonomi dan eksekutif.

Jika sudah nanti sudah selesai membaca artikel dan menemukan tempat yang tepat saya menyarankan untuk membeli tiket secara online saja dengan membaca cara membeli tiket kereta api di toko pedia.

jadi link tersebut akan di terangkan tentang cara membeli tiket kereta api secara online untuk jenis eksekutif, hal tersebut bisa dijadikan pengalaman bagi yang belum tahu cara memesan tiket secara online.

Baiklah tidak usah membuang waktu mari langsung saja membahas sepuluh tips memilih tempat duduk kereta api untuk kelas ekonomi dan eksekutif.

1. Hindari tempat duduk dekat boardes jika kamu tidak ingin terkena guncangan yang keras dan tidak diganggu oleh orang yang mundar-mandir, karena tempat duduk paling ujung adalah tempat untuk orang lewat pergi ketoilet, pergi ke kantin dalam kereta dan tempat untuk turun naiknya penumpang.

Belum lagi jika toilet kereta kurang terjaga kebersihanya pasti kamu akan mencium bau pesing dan kurang sedap karena dekat dengan toilet. Untuk jenis kereta api ekonomi AC di gerbong tersebut terdapat kursi khusus untuk petugas kereta api, dan polisi penjaga.

2. Semakin kamu duduk disebelah tengah maka semakin kecil pula resiko terken goncangan dan bau tidak sedap yang keluar dari toilet, selain itu bunyi berisik ketika kereta berjalan atau saat gerbong dibuka juga tidak akan terdengar terlalu keras, jadi usahakan untuk mendapatkan kursi dibagian tengah kalau memesan tiket.

Hanya saja mungkin agak sedikit mengganggu bagi yang terburu-buru karena harus menunggu antrian jika ingin keluar dari gerbong kereta api, menurut saya sih masih mending dari pada harus mencium bau pesing dan mendengar suara yang berisik jika duduk di dekat gerbong, iya kan?

3. Kalau bisa kamu duduk didekat cendela, selain kamu bisa melihat pemandangan agar tidak jenuh ketika waktu perjalanan secara otomatis bila kamu dekat dengan cendela maka berdempetan dengan dinding gerbong kereta api yang telah terdapat colokan listrik untuk cas hp atau keperluan lainnya.

Sayangnya jika melakukan perjalan siang hari beresiko terkena cahaya matahari yang dapat membuat mata kita agak silau.

4. Perhatikan AC yang terdapat pada kereta jika yang digunakan adalah AC jenis rumah maka hidari duduk tepat di bawah AC karena pasti tidak akan terkena suhu dingin, selain itu kamu juga bisa saja terkena bocoran dari AC. Biasanya kereta kelas ekonomi yang hanya menyediakan AC jenis rumah.

5. Selain memperhatikan AC yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah jarak kursi penumpang bila jarak terlalu sempit maka semua kursi dari ujung sampai tengah sangat sempit, hanya tempat dekat boardeslah yang tidak sempit tentu saja kita mempunyai leluasa untuk menaruh kaki karena tidak terdapat kursi lagi di depannya.

Seperti yang sudah saya terangkan pada nomor urut satu hanya saja tempatnya berisik, sangat sensitif terhadap getaran dan bila toiletnya kurang bersih maka akan tercium bau pesing.

6. Nah untuk tempat duduk sebelelah boardes selain mempunyai ruang untuk kaki yang memungkin bagi penumpang yang menduduki tempat tersebut tidak merasa capek juga memiliki keuntungan bisa lebih cepat turun dari kereta karena posisinya dekat dengan pintu gerbang serta tempat yang jauh dari keramaian omongan penumpang.

7. Namun bila kamu membawa rombongan dan ingin menaiki kereta ekonomi AC lebih baik bila memilih nomor kursi 11AB 12AB dan 11CD 12CD karena setiap kursi kereta kelas tersebut tidak dapat diputar mengikuti kepala kereta dan titik paling luas selain dekat boardes adalah titik temu kursi tersebut.

Kursi yang disediakan juga saling berhadapan hal tersebut memungkin untuk melakukan komunikasi menjadi lebih mudah.

8. Carilah posisi yang dekat dengan kantin dalam kereta untuk berjaga-jaga bila bosan dengan posisi tempat duduk, atau ketika lapar bisa pergi ke kantin untuk beli makanan, cemilan dan kopi agar tidak terasa terlalu bosan, hanya saja biasanya posisi yang dekat dengan kantin pasti ramai dengan orang melintas rantara dengan alasan ingin pergi kekantin.

9. Hal lain yang mungkin bisa enghibur kamu selain pergi kantin adalah melihat TV, biasanya untuk tingkat kelas eksekutif memiliki layanan TV yang memutar film movie untuk menghibur penumpang, jika kamu adalah salah satu orang yang menyukai film lebih baik cari tempat duduk dekat TV agar pandangan kita tidak teganggu oleh penumpang yang lebih dekat dengan TV tersebut.

10. Dan yang terakhir adalah khusus untuk pengguna kereta ekonomi hindari tempat duduk yang brisikan tiga orang, kalau terpaksa mendapatkan tempat duduk untuk tiga orang tersebut lebih baik pilih yang dekat cendela kalau masih kosong.

Bayangkan saja kalau kita dapat kursi yang paling tengah maka hancurlah kita, belum lagi seumpama kana kiri kita orangnya berbadan gede dan bau, wih langsung mati ditempat.

Semua hanyalah perencanan kita untuk berjaga-jaga agar tidak mendapatkan tempat yang buruk akan tetapi tidak tau apakah kita mendapatkan tempat duduk kereta api yang nyaman atau tidak pada tepat hari perjalanan, akan lebih baik bila kita berdoa untuk selalu selamat sampai tujuan dan keinginan mendaptkan tempat kursi yang nyaman terkabulkan.

Berikut adalah 10 tempat duduk kereta api, masing-masing tempat duduk sudah saya jelaskan kekurangan dan kelebihnya lengkap dengan denah untuk kereta api jenis ekonomi dan eksekutif, semoga kamu mendapatkan tempat duduk yang menurut kamu cocok, sekian dari saya dan terimakasih.