13 Nov 2017

Mau Booking? Nih, Cara Pesan Tiket Kereta di Traveloka via Alfamart

Kamu mau booking tiket KA? Lalu belum tau cara pesan tiket kereta di Traveloka. Begini loh sob, jika kamu mau nge-trip pake jalur kereta api maka saya akan mencontohkan pemesanan tiket lewat hp dengan aplikasi Traveloka.

Karena sering kali melakukan promo tiket murah, Traveloka akan saya angkat menjadi tema panduan. Selain untuk arsip pribadi panduan kali ini siap kamu jadiin rujukan kalau lupa cara pesan tiket Traveloka atau masih ragu karena masih pertama kali memesan. Nah, agar tidak ada langkah-langkah yang salah tenang saja gampang kok.

Kamu hanya perlu melakukan beberapa tahap pengisian data di Traveloka untuk memesan tiket KA online. Jadi tanpa perlu antri di stasiun lagi hanya untuk beli tiket, apalagi musim liburan akhir tahun. Jika kelar booking tiket menggunakan aplikasi Traveloka, Kalau udah nyampe stasiun kereta api kita hanya perlu menukarkan kode atau ngeprint kode booking saja yang ditukar dengan tiket asli untuk naik kereta.

Inilah Tahap Pesan Tiket Kereta di Traveloka:

I. Cari tiket
II. Isi data
III. Pembayaran
IV. Penukaran atau print tiket di stasiun

Pada tahap ke empat tersebut harus kamu lakukan setelah selesai pesan tiket kereta api dari panduan ini dan sudah membayar tiket tersebut. Di Traveloka sendiri sudah menyediakan beberapa cara bayar. Setelah memesan tiket kita bisa memilih banyak metode pembayaran Traveloka. Seperti via transfer bank BCA, BNI, Mandiri, BRI dan bank lokal lainnya.

Selain cara membayarnya dengan transfer seperti bank di atas. Ada pilihan lain loh, jika kamu mau pesan tiket kereta Traveloka lalu membayar lewat Indomaret atau Alfamart, tepat banget seperti cara yang akan kamu ikuti ini.

Panduan Booking! Cara Pesan Tiket Kereta Api di Traveloka 

Uraian dari tahap di atas sudah sangat jelas, kamu hanya perlu ikuti tiga tahap dulu sebagai cara booking tiket kereta Traveloka. Nanti kalau sudah selesai semua, kamu tinggal menyelesaikan tahap keempatnya untuk print tiket di stasiun.

1. Di awal pastikan kalau kamu sudah download aplikasi Traveloka yang sudah tersedia lewat Play store jika Hp Android dan appstore kalau menggunakan iPhone. Setelah selesai unduhan maka silhakan membuka app tersebut.
2. Setelah app terbuka maka sentuh bagian menu "Kereta Api" dari tampilan Traveloka yang sudah terlihat. Karena memang dari menu awal ini kita juga bisa memesan tiket pesawat, reservasi hotel, sampai membeli pulsa dan paketan internet.
tiket kereta api online indomaret
Menu Tiket Kereta Api
3. Selanjutnya kita akan menyaring pencarian tiket termurah di Traveloka. Dengan begitu kamu hanya perlu menyetel stasiun asal, kota tujuan, Tanggal berangkat nya, serta jumlah penumpang. Jika masih bingung kamu bisa lihat gambar berikut ini.
Pencarian Tiket Kereta
4. Pada langkah ini kamu akan disuguhkan munculan beberapa daftar harga tiket kereta api dengan tujuan serta harga tiket murah sampai mahal sesuai dengan jumlah penumpang yang sudah kamu setel dari langkah sebelumnya.
Pilih Tiket termurah atau sesuai jam
5. Kamu sudah memilih salah satu sesuai dengan yang kamu harapkan maka tekan "ISI DATA PEMESAN" lalu masukkan saja jenis identitas yang kamu punya entah KTP, SIM, maupun kartu pelajar. Tulis nama pemesan, alamat email boleh Gmail atau Yahoo serta nomor telepon yang aktif.
Isi Data Pemesan Traveloka
6. Kemudian kamu tinggal mengisikan "Data Penumpang Dewasa", dengan mencontoh seperti yang ada di gambar sebelah kanan. Pada "No tanda pengenal" ini maksudnya adalah NIK KTP jika menggunakan KTP atau nomor SIM. Tekan saja simpan jika sudah benar semua.!
Pengisin Data Penumpang Dewasa
7. Selanjutnya kita bisa "PILIH KURSI" nah inilah kelebihannya jika kita pesan tiket kerata api lewat Traveloka. Silahkan memilih tempat duduk yang kamu harapkan bebas saja sesuai selera. Kalau saya sih lebih suka yang dekat jendela dan hanya 2 seat saja. Atau jika kamu naik kereta rame-rame maka pilihlah yang 3 seat dan berdekatan dengan temanmu.
Memilih Tempat Duduk di App Traveloka
8. Kalau sudah sesuai harapan dengan bangu kereta yang terpilih sekarang kita perlu melanjutkan dengan tekan "Lanjut ke pembayaran" > "Pilih metode pembayaran" > pilih ikon "Alfamart atau Alfamidi"
Metode Pembayaran Traveloka Via Alfamart - Alfamidi
9. Setelah itu kita sebagai pemesan hanya disediakan waktu hanya 37 menit saja. Segeralah membayar di Alfamart karena kalau tidak segera bayar maka pesanan tiket kamu otomatis dilakukan pembatalan Traveloka.
No Pesanan > Pembayarannya
10. Jika kamu sudah membayar maka Traveloka akan menerbitkan tiket kereta api yang sudah kita pesan tersebut. Lalu perhatikan kode booking yang akan kamu gunakan untuk print tiket melalui mesin Cek In Countet atau Cetak Tiket Mandiri.
Contoh e-Tiket Traveloka
11. Sebaiknya jangan terlalu mepet untuk datang ke stasiun karena kamu harus ngeprint tiket paling lambat sejam sebelum keberangkatan. Dan pastikan kalau stasiun kereta yang akan kamu gunakan untuk mencetak tiket ada mesin Cek In Counter-nya. Karena tidak semua stasiun ada mesin tersebut, apalagi kalau stasiunnya kecil.
tiket kai traveloka
Mesin Check In Counter untuk Print Tiket KA

Kelebihan dan kekurangan membeli Tiket Kereta di Traveloka

Dapat kita simpulkan kalau pemesanan tiket online memerlukan biaya tambahan untuk membayar admin, ini menurut pengalaman beli tiket kereta di Traveloka. Terus letak kelebihannya juga banyak, kita bisa memilih tempat duduk sesuai selera. Nah kalau lagi ada promo tiket yang tersedia dari aplikasi Traveloka dapat kita gunakan untuk memperoleh harga tiket yang murah dari PT. KAI

Jika kamu masih belum kebagian tiket mudik coba ikuti cara beli tiket kereta di Tokopedia dengan kode promo untuk mendapatkan cashback 10%.

Jika ada bonusan yang bersyarat maka bisa saja kamu manfaatkan untuk bepergian naik keretanya sama-sama atau lebih dari satu orang. Lalu selain dari aplikasi Android, jika kamu ingin membeli tiket kereta api lewat website bisa menuju ke Traveloka.com