2 Agu 2018

Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA

Lagi-lagi BCA memanjakan nasabahnya dengan layanan yang sangat menguntungkan, yaitu salah satu cara yang dapat digunakan untuk tarik tunai tanpa kartu ATM BCA. Jadi selama kita menikmati layanan ini tidak akan terjadi hambatan lagi kalau kartu debit kita ketinggalan sewaktu ingin mengambil uang di ATM, nah bagaimanakah cara yang dimaksudkan?

BCA adalah salah satu bank yang sangat populer di Indonesia, untuk tahun ini mereka telah berhasil menembus puluhan juta nasabah aktif dengan cara menawarkan beragam solusi untuk perbankan sesuai dengan kebutuhan semua kalangan, jadi sudah tidak heran jika bank yang berdiri sejak tahun 1957 ini sangat digemari oleh masyarakat.

Untuk langkah mengambil uang di ATM BCA tanpa kartu debit mirip sekali dengan fitur e-Cash Mandiri jika kalian pernah mencobanya, yaitu dengan cara memasukkan nomor hp pada mesin ATM dilanjutkan dengan memasukan kode tarik tunai, tidak lama kemudian uang akan muncul berdasarkan nominal yang sudah kita isi pada kolom mesin ATM tadi.
lokasi atm & cara mengambil uang tunai tanpa kartu atm bca

Syarat Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM

Meskipun tanpa kartu ATM bukan berarti kamu bisa mengambil uang dari ATM sesuka hati, semua pasti ada persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk keamanan nsabah dan pihak bank. Berikut adalah kualifikasi yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk dapat mengambil saldo tabungan dari ATM BCA.

Catatan: Syarat dan ketentuan di bawah ini hanya berlaku kepada nasabah BCA yang belum mengaktifkan rekening tabungan dengan BCA Mobile (belum mendaftar m-BCA).

1. Yang pertama download aplikasi BCA Mobile di smartphone, karena hp beserta nomor SIM Card dan aplikasi m-BCA tersebutlah yang akan menjadi pengganti kartu ATM-mu disaat ambil uang dari ATM, dengan begitu usahakan selalu ingat nomor hp dan selalu bawa juga disaat ingin melakukan penarikan uang tunai dengan cara ini.

2. Kemudian adalah mendaftarkan nomor rekening pada aplikasi tersebut, jika kamu belum pernah melakukanya bisa mengikuti langkah yang saya berikan. Berikut adalah cara mendaftar aplikasi m-Banking:
  • Masukan kartu ATM kamu ke mesin ATM BCA lalu masukan kode PIN
  • Kemudian pilih menu "daftar m-Banking" pada layar ATM
  • Pilih "Mobile Banking" lalu lanjutkan dengan menekan "YA"
  • Selanjutnya akan ada perintah memasukan nomor telepon untuk akses layanan m-Banking, jika sudah yakin tekan "Benar"
  • Ini adalah langkah terakhir pada mesin ATM yaitu membuat kode PIN yang nantinya akan dijadikan kode keamanan pada aplikasi tersebut (catat bila perlu karena jika sampai lupa kamu tidak akan bisa masuk ke m-Banking lagi dan harus mengurus ke kantor cabang BCA) jika sudah masukan kembali kode PIN tersebut lalu tekan "YA"
  • Kalau pendaftaran tadi berhasil maka akan muncul struk dari mesin ATM
Jika sudah selesai di ATM sekarang tinggal melakukan aktivasi m-banking melalui aplikasi pada smartphone yang tadinya sudah kita download.
  • Langsung saja buka aplikasi m-Banking pada hp kamu, kemudian tekan menu "m-Banking" lalu lanjutkan dengan "m-Admin"
  • Di saat itu juga akan muncul lampiran tentang ketentuan dari pihak bank BCA tekan "Accept"
  • Halam berikutnya adalah sebuah perintah untuk mengisi kolom dengan nomor kartu ATM BCA bagian depan sebanyak 16 digit, cek kembali jika sudah yakin tekan "OK"
  • Masukan kode PIN m-BCA yang telah kamu buat sendiri (Catat kode PIN tersebut bila perlu).
  • Tampilan layar kamu akan muncul halam yang menerangkan sejumlah persyaratan dan ketunan, baca perrsyaratan tersebut lalu tekan "Send"
  • Nah jika pendaftaran kita berhasil maka akan muncul pemberitahuan."Anda telah berhasil melakukan aktivasi m-BCA" kemudian tekan "OK". Selesai dah
3. Nah ketika sudah terdaftar pada BCA Mobile selain kita bisa menikmati layanan "Tarik Tunai" kita juga bisa menikmati banyak sekali fitur-fitur yang menguntungkan seperti transaksi finansial dan non finansial, pembayaran pulsa listrik dan masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita peroleh.

Jika sudah memiliki akun m-BCA kini saatnya kita mengunjungi ATM terdekat utuk mencoba cara tarik tunai tanpa kartu ATM BCA.

Panduan Cara Mengambil Uang Tanpa Kartu ATM BCA

Sayangnya transaksi ini hanya bisa kita lakukan pada mesin ATM yang sudah memiliki fitur cardless transaction, lebih gampangnya sudah dilengkapi dengan layanan transaksi tanpa kartu, untuk cara mengetahuinya kamu bisa cek tulisan yang terdapat pada pojok kanan bawah pada layar ATM.

Jika ingin mengetahui lokasi ATM BCA tanpa kartu yang dekat dengan tempat tinggalmu maka bisa cari disini

Sebelum kita menarik uang via ATM jangan lupa untuk membawa smartphone yang terdapat aplikasi BCA Mobile tadi untuk berjaga-jaga jika lupa kode konfirmasi. Atau kamu memang lagi lupa tidak membawa kartu ATM terus bingung ingin menarik tunai di mesin ATM.

1. Buka aplikasi BCA pada hpmu kemudian pilih menu "m-BCA" di halaman utama, lalu masukan kode akses 6 digit dengan benar.
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Pilih m-BCA masukkan kodenya
2. Jika sudah berhasil masuk kedalam halaman menu BCA Mobile kamu akan disediakan berbagai macam fitur-fitur BCA mulai dari informasi rekening, transfer, pembayaran dan masih banyak lagi. sedangkan untuk keperluan ini pilihlah menu "Tarik Tunai"
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
3. Memilih nominal uang yang akan kamu ambil minimal Rp 50.000 dan maksimal Rp 1.250.000, kamu juga bisa buat nominal sendiri jika pilihan tadi tidak ada yang cocok dengan menekan "Nominal Lain", lanjutkan dengan tekan "OK"
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Pilihan nominal tarik tunai
4. Jika sudah yakin tekan "OK" dan seperti biasanya demi keamanan pengguna m-BCA kamu di haruskan untuk memasukan kode pin 6 digit.
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Konfirmasi dan pin
5. Sesudah itu akan muncul lampiran mengenai waktu pelaksanaan tarikan tunai, nomor rekening dan yang paling penting adalah Kode Tarik Tunai (ini yang kita masukkan di mesin ATM).
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Contoh kode tarik tunai BCA
Catatan: untuk melakukan pengambilan uang tunai ke ATM nasabah juga diberikan batas waktu selambat-lambatnya 2 jam. Jika kita melampui waktu tersebut maka bisa dikatan gagal dan harus kembali melakukan proses tarik tunai melalui app BCA Mobile atau m-BCA kembali.

6. Ok langkah selajutnya adalah mendatangi mesin ATM BCA kemudian pilih "Transaksi Tanpa Kartu" atau "Cardless Transaction" jika tampilan layar sudah berubah tekan pilihan "BCA  Mobile".
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Cardless transaction - BCA Mobile
7. Masukkan nomor hp yang telah kamu daftarkan di m-Banking, setelah itu lanjutkan dengan mengisi 6 digit kode tarik tunai yang muncul saat kita melakukan proses di aplikasi BCA mobile tadi, jika lupa kamu bisa cek kembali di menu inbox dari aplikasi tersebut.
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Ketik nomor hp dan input kode tarik tunai
8. Jika semua pengisian pada kolom layar ATM tadi benar maka tidak lama uang tunai akan muncul atau keluar dari mesin ATM sesuai dengan angka nominal yang sudah kamu tuliskan tadi, karena pada contoh ini ATM hanya mengeluarkan pecahan uang Rp 100.000 jadi laporannya seperti itu. Tidak bisa tarik tunai.
Lokasi ATM & Cara Mengambil Uang Tunai Tanpa Kartu ATM BCA
Yang paling penting dari proses ini adalah sebelum kamu mengambil uang dari ATM usahakan tidak ada yang tahu kode tarik tunai dan nomor telepon kepada orang lain sebab dengan kode tersebut semua saldo kamu bisa habis dikuras, oleh karena itu BCA menghanguskan kode tersebut dan mengganti dengan kode yang baru dalam jangka waktu 2 jam, guna menjaga keamanan saldo nasabah.
Sebelum ingin melakukan praktek pastikan, pastikan kamu sudah benar-benar paham dengan panduan cara tarik tunai jika tidak membawa kartu ATM. Sekian dari saya semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih.