30 Jul 2018

Cara Membuat Akun Paypal di Android & Kelebihan, Apa Itu PP?

Kami akan membantu permasalahan cara membuat akun PayPal serta menjelaskan lebih detail tentang apa itu PayPal. Untuk kalian yang mempunyai masalah transaksi menggunakan mata uang asing mungkin akan terbantu oleh aplikasi atau web PayPal karena ada sekitar 100 mata uang yang bisa digunakan untuk transaksi dengan mata uang luar negara.

Mengenai masalah mata uang asing memang agak sulit yah, apalagi bagi mereka yang bekerja dengan internet pasti yang ada didalam benak adalah bagaimana caranya mata uang luar negeri bisa kita tarik menjadi rupiah, begitupun sebaliknya jika kita ingin membeli sesuatu yang hanya dimiliki oleh orang luar negeri bagaimana cara membelinya, masak kita harus membayar mereka dengan mata uang rupiah kan tidak mungkin.

Nah solusi untuk semua ini adalah PayPal, sebenarnya PayPal sudah lama digunakan oleh masyarakat di dunia, tapi masih banyak pula yang belum tau apa itu PayPal dan itu hal yang wajar karena tidak semua orang bekerja dengan transaksi uang asing. Untuk informsi lebih jelas ayo kita bahas semua tentang PayPal dengan membaca artikel di bawah ini.

Apa itu PayPal?

Pertama kita akan mengenal lebih jauh tantang apa itu PayPal. Untuk kalian yang baru pertama ini mendengar tentang Paypal maka wajar saja bila bertanya-tanya tentang apa itu PayPal, kegunaan dan manfaatnya. PayPal adalah suatu alat pembayaran secara online dengan menggunakan 100 jenis mata uang yang dapat memudahkan transaksi ke seluruh dunia.
Cara Membuat Akun Paypal di Android & Kelebihan, Apa Itu PP?
Itu adalah salah satu alasan mengapa PayPal banyak disukai oleh masyarakat karena cukup melakukan daftar PayPal lewat Android atau iPhone dengan menggunakan email sebagai ganti nomor rekening kamu bisa melakukan pembayaran serta menerima uang asing dengan mudah, bahkan saat ini PayPal sudah berhasil menarik sekitar 200 juta pengguna aktif.

Tentu saja mata uang yang kita dapat dari PayPal berupa jenis mata uang luar negeri (tidak berupa Rupiah), tapi hal tersebut tidak akan jadi masalah karena kita menarik di bank lokasl Indonesia jadi nantinya akan secara otomatis berupa rupiah, nah untuk anggaran yang akan dikelurakan cukup ringan yaitu sebesar 16.000 untuk pengambilan uang di bawah Rp 1.500.000 dan tidak di kenakan biaya jika mengambil uang di atas Rp 1.500.00.

Sejarah PayPal

PayPal Inc berhasil diterbitkan pada tahun 1999 dengan nama Confinity di California, Amerika Serikat oleh Peter Thel dan Max Levchin ditahun 1998. Kemudian terus berkembang hingga berhasil dikenal masyarakat dengan sangat pesat pada tahun 2002 setelah bekerjasama dengan X.com buatan Elon Musk pada bulan maret tahun 2000. wikipedia

Kelebihan PayPal

Jika di atas tadi kita membahas pengertian tentang apa itu PayPal serta sejarahnya, berikut adalah mengenai kelebihan PayPal.
  1. Semua history transaksi kamu akan dicatat, jadi dengan melihat catatan tersebut kamu bisa mengetahui bukti berhasil mengirim atau penerimaan uang, track recordnya juga cukup aman dan terpercaya.
  2. Pengguna PayPal banyak digunakan oleh toko online dan situs jual beli online di seluruh dunia, hal ini tentu saja bisa memudahkan kita untuk melakukan transaksi jika ingin jual beli di online shop luar negara.
  3. Biaya administrasi yang akan dikeluarkan setiap transaksi cukup kecil.
  4. Untuk bisnis PayPal juga memiliki script pembayaran online didalam fitur my business jadi untuk sekali klik saja kamu akan langsung diarahkan ke pilihan menu Buy, Donation, Check Out.
  5. PayPal memiliki verifikasi yang sangat ketat.
  6. Keamanan PayPal juga sangat tinggi sehingga mampu mengurangi resiko pembobolan orang jahil.
  7. Metode pembayaran yang disediakan PayPal juga sangat banyak untuk memudahkan cara transaksi keuangan yang sangat cepat tak terbatas negara.
  8. Dapat dengan mudah bisa ditarik dari bank lokal dengan rate beli.

Kekurangan PayPal

Memang tidak bisa dipungkiri, sehebat apapun kemajuan teknologi tetap saja masih ada cela kekurangan yang bisa mengakibatkan kerugian. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan PayPal tersebut.
  1. Saking ketatnya keamanan sehinga member banyak terkena suspend kalau sedikit saja melakukan kesalahan mungkin karena dianggap melanggar TOS.
  2. Verifikasi bisa dikatakan sulit karena hanya bisa dilakukan dengan kartu kredit atau VCC.
  3. Kelemahan selanjutnya adalah tidak bisa digunakan secara offline hal ini dapat menjadi masalah bagi mereka yang hidup didaerah berkendala dengan jaringan internet.
  4. Meskipun transaksi PayPal bisa kita lakukan dengan email sebagai pengganti nomor rekening tetapi PayPal tetap saja tidak bisa menjadi pengganti pembayaran dengan kartu kredit.
  5. PayPal juga tidak memiliki kartu Prepaid

Demikian adalah kelebihan dan kekurangan yang mungkin akan bisa kamu jadikan sebagai pengetahuan jika ingin tau cara membuat akun PayPal, kita juga langsung bisa bikin akun PayPal tanpa kartu kredit loh tetapi setelah memenuhi persyaratan dan ketentuan terlebih dahulu. Apa saja persyaratanya?

Syarat dan Ketentuan Membuat Akun PayPal

Setiap kita mau melakukan pendaftaran apa saja pasti akan dikenakan persyratan dan ketuan terlebih dahulu. Nah maka dari itu siapkan persyaratan di bawah ini dulu untuk bisa melakukan ke proses selanjutnya.

1. Indentitas Diri

Indentitas merupakan salah satu persyaratan yang paling utama dalam setiap jenis pendaftaran, untuk cara membuat akun PayPal diharuskan mengisi dengan nama, alamat dan nomor telepon asli. Untuk nama, jika nama identitas kamu berbeda dengan yang telah tercantum direkening bank maka gunakan nama yang direkening bank, karena nantinya akan berhubangan dengan withdraw/penarikan uang.

2. Alamat Email

Untuk semua jenis pendaftaran online pasti kewajiban yang tidak kalah pentingnya adalah alamat email, disini email yang nantinya akan kita gunakan untuk membuat akun selain bisa untuk login juga akan digunakan untuk pengganti nomor rekekning, email ibarat Nomor rekening versi PayPal yang sama seperti halnya dengan nomor rekening bank.

3. Umur

Persyaratan selanjutnya adalah pengguna PayPal diharuskan sudah berumur 18 tahun ke atas atau bisa dikatakan sudah mempunyai KTP /SIM. Saran saya jika kamu masih berumur dibawah 18 bisa mendaftar dengan meminta tolong melalui orang tua untuk menggunakan identitasnya.

4. Rekening bank

Kita tetap akan memerlukan rekening bank jika ingin menarik saldo PayPal. Nama yang nantinya akan kamu gunakan untuk daftar PayPal harus sama persis dengan nama yang ada di nomor rekening.

Catatan: Untuk saat ini kamu tidak perlu menggunakan kartu kredit jika hanya untuk menarik uang ke bank, jadi kalian bisa menambahkan nomor rekening untuk menarik uang dari akun PayPal.

Kita bisa daftar PayPal tanpa kartu kredit atau tanpa VCC untuk verifikasi, akan tetapi akun PayPal jika tidak di verifikasi maka tidak dapat menggunakan akun PayPal untuk transaksi di atas 10.000 USD perbulan. Seperti transaksi pembayaran menggunakan PayPal, penarikan saldo di PayPal, berkirim saldo PayPal ke akun orang lain.

Cara Membuat Akun PayPal tanpa Kartu Kredit

Membuat atau daftar akun PayPal memang tidak dikenakan biaya alias gratis akan tetapi tetap membutuhkan kartu kredit sebagai syarat verifikasinya, karena jika akun PayPal belum melakukan verifikasi nantinya akan mendapat batasan limit transaksi 10.000 USD perbulannya.

Selain verifikasi menggunakan kartu kredit kamu juga bisa verifikasi dengan cara membeli VCC (Virtual Credit Card) sebagai gantinya, tentu saja sebelumnya kita harus beli Virtual Credit Card tersebut dengan harga kurang lebih 100 ribuan terlebih dahulu.

Saya hanya akan menunjukan panduan cara daftar PayPal gratis tanpa verifikasi, dan berikut adalah langkah membuat akun PayPal tanpa kartu kredit. Untuk semua contoh gambar tampilan screenshot saya ambil melalui daftar PayPal lewat Android.

Saran: Sebaiknya disaat mengisi formulir pendaftaran PayPal jangan menggunakan aplikasi PayPal Android atau iPhone, karena di aplikasi masih belum support bahasa Indonesia. Lebih baik memakai browser pilih ke setelan bahasa Indonesia!

1. Pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunjungi halaman resmi PayPal melalui browser hp (Android, iPhone) atau bisa juga dengan versi dekstop (laptop, PC). Jika sudah buka paypal.com lalu geser layar kebawah dan tekan "Daftar Sekarang".
cara membuat akun paypal di android
Pilih daftar sekarang di web paypal
2. Pilih keperluan daftar akun-mu, jika untuk perseorangan pilih menu bergambar ikon keranjang sedangkan jika untuk perusahaan pilihanlah yang bergambar ikon duit dolar. Kemudian isi kolom dengan negara sesuai dengan identitasmu, email, kata sandi, ketik ulang kata sandi kamu dikolom bawahnya.
apa itu paypal
Mengisi form pembuatan PayPal
Catatan: untuk membuat kata sandi PayPal disarankan menggunakan campuran huruf besar kecil dan beberapa simbol atau karakter khusus.

4. Lengkapi persyaratan dengan mengisi nama depan dan belakang, isi juga alamat email, dan password yang akan kamu gunakan di akun PayPal-mu.
Cara Membuat Akun Paypal di Android
5. Isi formulir pendaftaran di bawah ini dengan  tanggal lahir, negaramu, ID Nasional isi juga alamat kamu lengkap dengan noomor rumah, alamat pos, nomor telepon dan persyaratan lainnya, jika masih bingung kamu bisa melihat contoh screenshot di bawah ini. Jangan lupa centang juga kedua tanda sebelum menekan "Setuju dan buat rekening".
daftar paypal lewat android
Contoh pengisian data diri akun PayPal
4. Jika tampilan layar sudah seperti contoh gambar disaat itu juga email yang tadinya kamu daftarkan pada kolom akan mendapatkan pesan dari PayPal. Kita masuk ke alamat email untuk melakukan konfirmasi. Kamu juga bisa menambahkan kartu kredit atau kartu debit dihalaman ini.
cara daftar paypal tanpa kartu kredit
Akun PayPal berhasil di buat
5. Kemudian buka isi pesan dari PayPal lalu tekan "Konfirmasi Alamat Email" dan lanjutkan dengan memasukkan password akun PayPal.
cara membuat akun paypal tanpa kartu kredit
Verifikasi email yang dipakai daftar PayPal
6. Selamat kita sudah berhasil daftar PayPal lewat Android, tampilan depan halaman PayPal seperti ini jika terjadi kesalahan cek kembali mungkin ada yang salah mengenai kata sandi alamat emailmu.
cara membuat akun paypal
Dashboard aplikasi PayPal
Itu tadi adalah langkah-langkah cara daftar akun PayPal tanpa kartu kredit yang bisa dilakukan sendiri melalui smartphone atau komputer, jika ingin membuat akun PayPal lewat browser versi dekstop mungkin tampilan yang disediakan tidak jauh berbeda dengan melalui Android jadi tidak usah takut untuk mencoba mendaftar melalui PC dan laptop.

Tetapi pada dasarnya kamu nantinya juga harus memverifikasi kartu kredit atau VCC untuk dapat menarik saldo dari PayPal. Baiklah cukup sekian yang bisa saya sampaikan, terimakasih dan selamat mencoba.