16 Okt 2018

Panduan Bergambar! Langkah Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Membahas tentang cara mengambil uang di ATM BCA memang untuk saat ini sangat ramai dicari oleh para nasabah BCA yang baru membuat kartu ATM atau bahkan calon nasabah yang ingin mencari informasi agar nanti bisa mengoperasikan mesin ATM ketika sudah menjadi nasabah BCA.

Alasan mengapa banyak yang mencari cara menggunakan mesin ATM adalah karena kegunaan dari mesin ATM sangat membantu transaksi nasabah seperti melakukan transfer uang, mengambil uang dari kartu ATM, menyimpan uang dari yang berupa tunai untuk ditabung, cek saldo, dan masih banyak lagi manfaat yang bisa kita gunakan.
panduan bergambar langkah cara mengambil uang di atm bca
Berbagai mesin ATM dari jenis bank memang berbeda cara menggunakannya maka dari itu saya membuat artikel tentang ambil uang di ATM BCA guna untuk membantu nasabah BCA yang baru saja membuka rekening BCA.

Untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi kesalahan ketika tarik uang di ATM lebih baik luangkan waktu kamu selama 3 sampai 4 menit untuk membaca cuplikan tentang beberapa kesalahan yang mungkin sering dilakukan oleh beberapa nasabah guna untuk berjaga-jaga saat mengambil uang tunai di ATM nantinya.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menarik Uang di ATM

Beranjak ke cara langkah ambil uang di ATM berikut adalah beberapa kesalah yang sering dilakukan nasabah yang berkhir hal yang tidak diinginkan, untuk mempersingkat waktu langsung saja kita bahas kesalahan yang sering diterjadi saat menarik uang di ATM.
  • Kode Pin
Kode pin merupakan salah satu layanan keamanan yang harus kita jaga, bayangkan saja bila kita lupa kode pin atau ada orang lain yang mengetahui kode kartu ATMmu dengan cara mengintip dibalik ruangan setelah itu masuk dan pura-pura membantu, jadi pastikan kamu selalu mengingat dan menjaga kode pin tersebut saat memasukan ke mesin ATM.
  • Struk ATM
Meskipun kita telah hidup dijaman yang cukup maju tapi bukan berati sudah tidak mempunyai cela kekurangan termasuk dengan mesin ATM, meskipun jarang terjadi kesalahan namun lebih baik cek kembali bila ingin mengambil uang atau transfer ke ke orang lain dengan cara melihat informasi dari struk yang keluar dari ATM, selain itu struk juga bisa dijadikan catatan barang bukti ketika kamu sudah melakukan transaksi kepada orang lain.
  • Ruangan ATM
Ini adalah salah suatu tindak kriminal yang sering terjadi dimana para penjahat menerobos langsung ke ruang ATM, terus gimana cara mengurangi resiko ke jahatan tersebut? untuk pertanyaan itu memang agak sulit terjawab namun seperti yang kita tahu bahwa pelindung manusia yang paling kuat adalah Tuhan, jadi akan lebih baik bila berdoa sebelum mengambil uang dan pilih ruangan ATM yang memiliki kapasitas CCTV, satpam dan keamanan lainnya.
  • Salah menggunakan mesin ATM
Kartu ATM BCA hanya bisa digunakan di mesin ATM BCA, mesin ATM Bersama dan Link ATM. Setiap kita melakukan transaksi pasti akan dikenakan biaya tambahan nah untuk meringankan biaya transaksi tersebut lebih baik bila selalu menggunakan jenis mesin ATM dari bank yang sama.
  • Minggalkan kartu ATM
Usahakan tidak terlalu terburu-buru bila menarik uang dari mesin ATM karena bisa mengakibatkan ke tertinggalan kartu ATM yang masih tertela di mesin, kalau hal itu sudah terjadi maka tidak butuh waktu lama untuk dijadikan kesempatan para penjahat, maka dari itu selalu cek kembali mesin ATM setelah menggunakannya.
  • Kartu ATM
Yang menjadi masalah bukan kartu ATM tapi letak kita manaruh kartu tersebut, menurut informasi yang saya dapat bahwa kartu ATM mudah sekali patah akibatnya nasabah kembali ke kantor bank demi untuk memperbarui kartu, yah kalau menurut saya kesalahan ini terjadi akibat dari sembrononya seseorang tapi bisa kita ambil hikmahnya sih.

Demikian adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi oleh nasabah ketika mengambil uang dari mesin ATM, semoga dengan saya menulis cuplikan ini pada artikel semua pembaca bisa lebih waspada dan berhati-hati ketika nanti menarik tunai di ATM.

Cara Menarik Uang di ATM BCA

Sudah tidak sabar ya ingin tahu cara mangambil uang lewat ATM? Baiklah sebelumnya pastikan kamu sudah menemukan mesin ATM BCA karena bila menggunakan mesin ATM bank lain mungkin tata letak fiturnya tidak akan sama seperti gambar screenshot, selain itu kamu juga akan dikenakan biaya tambahan saat selesai proses mengambil uang.

1. Bila sudah menemukan mesin ATM terdekat masukkan kartu pada tempatnya, oh iya kami juga telah menyiapkan semua jenis kartu ATM BCA lengkap dengan posisi arah masuk ke dalam mesin, dengan demikian bisa mengurangi resiko terjadinya kesalahan saat menggunakan kartu ATM pada mesin.
cara mengambil uang pada atm bca
2. Jika kamu sudah berhasil memasukan kartu pada mesin maka tampilan layar akan berubah sama seperti gambar screenshot di bawah ini dimana kamu harus memasukan kode pin dengan tombol yang telah disediakan.
cara mengambil uang di mesin atm bca
Tips: Untuk menjaga keamanan lebih baik saat proses memasukan kode pin tutupi tempat tombol dengan tangan atau benda lainnya seperti dompet dan sebagainya, intinya agar orang lain tidak tahu kode pin tersebut.

3. Nah akan ada jumlah uang yang bisa kamu ambil dari mesin ATM dengan jumlah nominal yang telah disediakan, namun jika ingin mengambil dengan nominal uang yang lain pilih menu Transaksi lainnya > Penarikan Tunai > Masukan jumlah uang yang ingin ditarik > Benar.
langkah cara mengambil uang di atm
4. Sebagai contohnya saya akan mengambil uang sebanyak 500.00 langsung pada bagian ini, karena menurut saya sudah cukup untuk dijadikan tutorial.
cara mengambil uang di atm bank bca
5. Mesin ATM akan berusaha membaca angka nominal yang kamu pilih dan mempersiapkan uang tunai untuk bisa diambil, jadi tunggu proses sampai selesai mungkin kurang lebih selama beberapa detik, jika mesin ATM masih normal sih.
cara mengambil uang di atm bca
6. Ini dia yang kita tunggu-tunggu, setelah proses selesai uang dengan secara otomatis akan keluar dari mesin ATM, meskipun masalah ini jarang sekali terjadi namun lebih baik selalu hitung uang saat selesai melakukan proses cara mengambil tunai di ATM BCA karena takutnya mesin tidak berjalan dengan normal (Eror)
langkah ambil uang di atm bca
7. Jika semua langkah sudah selesai akan muncul sedikit tawaran berupa tulisan di layar, karena tujuan kita hanya mengambil uang ATM BCA jadi tekan "Tidak" Seperti yang sudah saya tulis pada cuplikan beberapa kesalahan saat menggunakan mesin ATM tadi, jangan terlalu tergesah-gesah meninggalkan ruangan kerana saat itu juga kartu ATM kamu akan secara otomasi keluar dari mesin, ambil kartunya lebih dulu lalu tinggal gas deh.
langkah ambil uang di atm bca

Bagaimana menurut kamu tentang cara mengambil tunai di ATM tadi, mudah bukan? biasanya orang yang baru pertama kali mencoba sedikit panik karen takut akan terjadi masalah, kami memahami tentang hal tersebut oleh karena itu kami juga tidak lupa menambahkan beberapa tips bagi kalian yang belum pernah ke mesin ATM.

Tips Saat Tarik Tunai di ATM
  • Jangan sampai kartu ATM terbalik sebab akan tertelan
  • Bila mesin mancet atau terjadi masalah lainnya jangan panik, jika ada kamu bisa panggil satpam atau menghubungi pihak bank BCA dengan menekan 1500888. Biasanya telah disediakan stiker di mesin ATM BCA (Hallo BCA 1500888)
  • Jangan pernah mau dibantu oleh orang lain selain satpam atau pegawai bank
  • Cari mesin ATM yang mendapatkan kemanan lebih seperti sudah terdapat CCTV dan satpam
  • Selalu menutupi kode PIN serta jangan sampai salah sebanyak lebih dari tiga kali karena bisa terblokir
Saya rasa semua sudah kita bahas dengan jelas didalam artikel ini, semoga kamu bisa melakukan langkah mengambil uang di ATM sendiri, bahkan kalau perlu baca tutorial ini saat peroses penarikan uang, sekian dari saya semoga bermanfaat dan terimakasih.