24 Mar 2018

Cara Pesan Tiket Kereta di Tokopedia Kode Promo Mudik 2018

Begini cara pesan tiket kereta di Tokopedia dengan kode promo mudik 2018, jika kamu ingin membeli tiket KA untuk pulang kampung bisa mengikuti cara yang sedang ArmyCara tulis. Karena dari sini kamu akan menemukan panduan dengan contoh gambar pemesanan tiket KA promo, tips memilih kursi yang dapat diterapkan.

Selain itu kamu juga akan mendapatkan cashback dari Tokopedia. Apa itu cashback Tokopedia? ini adalah sebuah potongan harga pembelian barang, produk toped serta tiket kereta api baik menggunakan aplikasi atau melalui website. Mumpung kursi belum penuh! untuk mudik lebaran teman-teman bisa beli tiket kereta online mulai sekarang.
Cara Pesan Tiket Kereta di Tokopedia
Promo Tiket KA Tokopedia 
Sebenernya banyak sekali aplikasi penyedia tiket KAI namun tidak semua memberikan promo yang bisa dimanfaatkan untuk memperoleh harga tiket murah. Apalagi kebutuhan saat libur lebaran pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jadi sebaiknya berhemat mencari promo tiket termurah.

Cara Pesan Tiket Kereta di Tokopedia pake Kode Promo Mudik 2018

Sekarang kita langsung saja menuju langkah-langkah pesan tiket kereta api Tokopedia tentunya dengan kode promo yang dapat kamu ikuti. Sehingga nanti akan berpotensi mendapatkan cashback sebesar 10% dari total pembelian tiket KA, lumayan kan?

Langkah 1: Daftar akun Tokopedia & verifikasi nomor hp

Jika kamu baru pertama kali menggunakan Tokopedia silahkan buat akun Tokopedia yang harus diverifikasi dengan no telepon agar dapat cashback. Sebaiknya daftar pake akun Google (Gmail) lebih aman, kalau lupa kata sandi bisa reset dengan email Gmail di Android.
cara beli tiket kereta mudik di tokopedia
Daftar akun Tokopedia dengan Google

Langkah 2: Tentukan stasiun keberangkatan

Dari langkah ini, admin akan mencontohkan mudik dari Jakarta jadi saya akan memilih lokasi terdekat yaitu stasiun Gambir (GMR). Sesuaikan saja dengan stasiun kereta dari tempat terdekat teman-teman berada. Masuk ke tiket.tokopedia.com/kereta-api
tokopedia tiket kereta api tambahan
Menentukan stasiun keberangkatan dan tujuan


Langkah 3: Tentukan tiba di stasiun mana

Selanjutnya kamu bisa memilih kota tujuan dengan mengetikkan Surabaya lalu pilih stasiun terdekat dari lokasi penjemputan misal Surabaya Gubeng (SGU). Atau nantinya kamu akan memesan taksi online untuk menuju kampung halamanmu.

Langkah 4: Pilih tanggal berangkat & isi jumlah penumpang

Tentukan tanggal schedule berangkat dan isikan jumlah penumpang sesuai harapan jika kamu mau pesan tiket kereta rombongan, kamu bisa beli maksimal 4 penumpang untuk satu akun Tokopedia. Maka potensi dapat cashback akan semakin banyak karena dihitung dari jumlah total pembelian.
tiket tokopedia kereta api mudik lebaran
Tanggal berangkat dan mengisi jumlah penumpang


Langkah 5:  Pilihlah harga tiket KA paling murah

Jika sudah klik tombol "Cari Tiket" maka halaman Tokopedia akan memuat daftar harga tiket kereta api sesuai dengan keberangkatan dan tujuanmu. Bisa kita lihat di gambar berikut ini kalau tiket kereta ekonomi sudah banyak yang habis terjual ditandai dengan "Penuh".
pesan tiket kereta api eksekutif di tokopedia
Pilih yang belum penuh dari daftar sisa tiket murah
Tips: Untuk mengecek ketersediaan kursi caranya arahkan kursus mouse ke "Pesan Tiket Pergi" nanti akan muncul jumlah kursi yang tersedia. Mana yang paling murah? dari sisa ini harga tiket kereta eksekutif dari Jakarta ke Surabaya yang terlihat Rp 485.000 untuk satu penumpang.

Langkah 6: Isi Data Pemesan & Penumpang

Dari tahap ini silahkan memisikan data pemesan dan penumpang. Misalnya kamu pergi berdua maka yang harus kamu masukkan data dirimu sebagai pemesan lalu isi data orang lain yang kamu ajak berangkat. Lengkapi dengan Nomor Identitas (KTP / SIM) karena ini digunakan ketika check ini di staisun, di cek petugas dengan pencocokan data diri sama tiketnya.
cara pesan tiket kereta api online
Isi data pemesan, penumpang & pilih kursi

Langkah 7: Memilih Kursi Kereta Api yang Cocok

Tips untuk memilih kursi kereta eksekutif adalah tergantung dari karakter dirimu sendiri. Jika kamu suka jalan-jalan ke bordes atau sering ke toilet maka pilihan kursi 1ABCD & 13BCD yang paling cocok. Yang suka tidur pilih dekat dengan jendela, dari model gerbong kereta seperti ini maka saya akan pilih 1C meski agak berisik jika crew lupa tutup pintu nggak masalah.
tips memilih kursi kereta api eksekutif terbaik
Cara memilih kursi kereta eksekutif pergi sendirian

Langkah 8: Lanjutkan Pembayaran

Jika sudah mendapatkan kursi kereta yang terbaik menurut pilihamu maka silahkan melanjutkan pembayaran tiket. Kemudian klik "Punya kode promo Tokopedia?"

Langkah 9: Masukkan kode Promo Tokopedia

Poinya dari langkah ini, untuk mendapatkan cashback masukkan kode promo MUDIK2018 atau KAITOPED kemudian Cek Kode. Dengan begitu akan tampil potongan harga 10% pada total pembelian tiket kereta api di Tokopedia.
kode promo tiket kereta api tokopedia
Masukkan kode promo Toped > Cek Kode > Bayar

Langkah 10: Proses Pembayaran

Lakukan pembayaran kurang dari 1 jam dari jam pesan tiket KA, jika tidak segera dibayar maka Tokopedia akan membatalkan secara otomatis. Banyak metode pembayaran yang bisa kamu pilih, jika kamu menggunakan metode bayar di Indomaret maka dikenakan biaya admin sebesar 2500. Maka itu sebaiknya menggunakan BCA virtual account (klikBCA, m-banking BCA, atau ATM)
cara pembayaran tiket ka tokopedia
Metode pembayaran BCA Virtual Account
Jika sudah selesai dibayar maka akan menerima email juga SMS pemberitahuan kode booking tiket kereta api yang harus kamu print / cetak sendiri di stasiun. Sekarang ini untuk cetak boarding pass KA kita diberi tenggang waktu 7x24 jam dari tanggal berangkat.

Cara Print Tiket Kereta Api di Statiun

Setelah pesan tiket kereta secara online lewat Tokopedia atau aplikasi booking tiket seperti Traveloka, Tiket dot com, Pegipegi, serta situs resmi PT. KAI maka harus mencetak Boarding Pass di mesin Check In Counter pada stasiun keberangkatan.

1. Lihat kode booking e-tiket via email dan SMS yang sudah kamu dapatkan dari Tokopedia. Intinya sebelum datang ke stasiun KA untuk cetak tiket siapkan screenshot barcode atau kode bookingnya.

2. Kalau sudah sampai stasiun, kemudian carilah Check In Counter berada kamu juga bisa menanyakan ke satpam penjaga jika belum tau lokasinya.
mesin check in counter cetak tiket kereta api di stasiun
Check In Counter - mesin cetak tiket kereta api
3. Jika sudah sampai didepan komputer Check-in Counter akan tersedia dua cara untuk mencari tiket pesananmu. Yang pertama dengan mengetikkan kode booking dilayar komputer dan yang kedua dengan scan barcode dari mesin kecil yang disediakan.
Masukkan kode booking atau scan barcode-nya
4. Kalau sudah makan akan tampil nama penumpang kereta, jika pemesanan lebih dari satu kamu bisa menekan "Pilih Semua" lalu tekan "Cetak / Print".

5. Dengan hitungan detik tiket kereta (boarding pass) yang berwarna orange sudah tercetak. Segera ambil dan simpan ditempat yang dirasa aman karena ini yang akan digunakan naik bukan tiket yang warna biru. Selesai
Tiket kereta api selesai dicetak
Demikin cara beli tiket kereta api di Tokopedia dengan cashback 10% jika beruntung. Dengan menggunakan kode yang tertera dari langkah di atas dapat kita gunakan untuk sarana berpergian naik kereta api. tut.. tut.. tut :). Boleh bagikan keteman kita yang lain biar mereka kebagian tiket mudik lebaran, liburan wisata sebelum menunggu tiket kereta api tambahan.