11 Jul 2018

Syarat & Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri di Hp Android

Kemjuan mandiri dengan menggunakan teknologi memang sudah tidak di ragukan lagi salah satu contohnya adalah melakukan transaksi Mandiri melalui hp Android dengan cara mengaktifkan m-Banking Mandiri.

Bagi yang belum tau cara aktivasi mobile banking Mandiri akan lebih baik jika membaca semua isi artikel ini sampai selesai  karena di sini saya akan membahas kelebihan, kekurangan serta syarat, ketentuan yang di butuhkan untuk melakukan cara aktivasi mobile banking Mandiri di hp.

Keunggulan m-Banking Mandiri iyalah mampu melakukan bayar listrik, transaksi antar bank, cek saldo serta keperluan lainnya dengan lebih fleksibel, karena bisa di unakan kapan dan di mana saja. Akan tetapi kita juga masih memerlukan ATM untuk mengambil tunai.
Cara aktivasi mobile Banking Mandiri di Hp Android
Baiklah sebelum teman-teman melakukakan cara mengaktifkan m-Banking Mandiri ayo kita kenali dulu kelebihan serta kekurangan dari mobile bankig guna untuk lebih teliti lagi jika menggunakan mobile banking nantinya.

Kelebihan Mobile Banking (m-Bankng)

Beberapa kelebihan dan kekurangan m-Banking di bawah ini tidak hanya bisa di terapkan kepada bank Mandiri saja tapi untuk semua jenis bank.

1. Penggunaan yang lebih mudah

Kita hanya  membutuhkan SIM CARD dan hp Android dengan sembarang merek dan tipe, hal ini cukup memudahkan nasabah untuk membuat m Banking, karena tidak membutuhkan hp khusus untuk mendaftar akun.

2. Tidak di batasi jaringan internet

Salah satu keunggulan mobile banking adalah tidak perlu menggunakan jaringan internet yang cukup besar jika di bandingkan dengan internet banking hal ini memudahkan bagi para nasabah bank Mandiri yang tinggal di daerah yang terkendala dengan jaringan internet.

3. Tampilan menu mudah di mengerti

Dengan tampilan fitur yang gampang di mengerti hal ini dapat memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi, jadi tidak perlu mempunyai kemampuan khusus di internet untuk bisa mengoprasikan aplikasi ini, cukup pilih fitur yang di butuhkan lalu ikuti saja instruksi yang di berikan.

4. Kemudahan transaksi

Sesudah melakukan cara mengaktifkan m-Banking Mandiri kamu dapat dengan mudah melakukan transaksi di mana dan kapan saja, hal ini cukup memudah nasabah karena tidak perlu mencari ATM untuk melakukan transaksi pembayaran serta penagihan.

5. Tingkat keamanan yang tinggi

Kelebihan selanjutnya adalah tingkat kerugian karena pembobolan akun mobile banking cukup kecil karena m-bangking telah di lengkapi keamanan yang sangat tinggi salah satunya adalah pemberitahuan aktivitas rekening seperti sesudah transfer ataupun menerima kiriman saldo dari nasabah lain semua itu akan di catatan dalam history dan akan di beritahukan melalui SMS.

6. Informasi yang di dapat lebuh detail

Pihak bank akan lebih mudah menyampaikan informasi seprti penawaran pinjaman sampai kemudahan transaksi lainnya, bahkan semua informasi transaksi serta aktivitas lainya yang di lakukan oleh m-banking akan di informasikan di halaman hitory.

Itu tadi adalah sebagian layan yang bisa kita manfaatkan setelah berhasil mengaktifkan mobile banking.

Tidak peduli betapa canggihnya teknologi, di balik kemudahan semua ini pasti akan ada juga beberapa kekurangan yang dapat membawa kerugian. Sejauh ini saya juga sudah berhasil membongkar beberapa kekurangan dari mobile banking, berikut adalah kekurangan dari m-Banking menurut informasi yang saya dapat.

Kekurangan Mobile Banking (m-Banking)

Setelah membahas tentang kelebihan mobile banking mari kita bahas tentang kekurangannya juga, agar nantinya kita bisa lebih waspada untuk menggunakannya.

1. Rawan terjadi pembobolan

Memang m-Banking kebal terhadap virus atau jenis trojan yang dapat merusak hp, tetapi bukan berarti m-Banking bisa selalu aman, karena di jaman seiringnya perkembangan teknologi ini banyak juga yang memanfaatkan untuk kejahatan yang berupa modus penipuan atau pembobolan akun, walaupun tidak banyak penipu yang bisa melakukan hal tersebut.

2. Kompabilitas

Sayangnya aplikasi tidak tersedia untuk hp jadul, kamu hanya bisa download aplikasi tersebut dengan SemartPhone saja, jadi aplikasi ini tidak tersedia untuk hp yang belum memenuhi syarat, hal ini memang jadi suatu masalah bagi mereka yang masih menggunakan hp biasah (Bukan SmartPhone).

3. Dikenakan tarif tambahan

Ada sedikit biaya tambahan karena ada beberapa institusi finsial mengharapkan biaya lebih bagi nasabah yang menggunakan mobile banking selain itu juga harus membayar biaya software.

Tetaplah berhati-hati menggunakan mobile banking jika sudah melakukan cara mengaktifkan m-Banking Mandiri tetap jaga pasword kamu dari orang lain, serta teliti dulu jika kamu mendapatkan tawaran undian berhadiah yang mengatas namakan pihak bank.

Syarat cara mengaktifkan m Banking Mandiri

Sebelum menuju ke langakah cara aktivasi mobile banking Mandiri di Android kita harus memenuhi persyaratannya terlebih dahulu, semua ini bisa berlangsung dengan cepat dan mudah, dengan cara melalui ATM Mandiri, atau jika kamu masih pemula bisa mengunakan cara yang lain yaitu mendatangi costomer service agar mendapatkan bantuan dan intruksi untuk memenuhi syarat.

Pastikan kamu juga sudah mempunyai nomor rekening dan kartu ATM bank Mandiri, karena itu nantinya akan menjadi syarat untama untuk bisa melakukan cara mengaktifkan m Banking Mandiri di hp. Sehingga dengan persyaratan utama tersebut kamu akan bisa diarahkan untuk melakukan ketentuan yang nantinya akan menuju ke langkah aktivasi mobile banking.

Ketentuan cara mengaktifkan m Banking Mandiri

Sebagian besar nasabah memang lebih memilih untuk melakukan transaksi melalui mobile banking selain caranya yang cukup mudah juga lebih bisa menghemat waktu dan tenaga. Berikut ini adalah ketentuan yang harus di penuhi oleh nasabah yang ingin bisa memiliki m-Banking Mandiri.
  1. Yang pertama adalah harus mempunyai rekening perorangan tabungan atau mandiri tabungan bisnis, mandiri giro serta sudah terdaftar sebagai pengguna layanan mandiri SMS.
  2. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan di atas tadi lanjutkan dengan langkah selanjutnya yaitu download aplikasi Mandiri Online dengan resmi melalui Google Play, App Store, dan BlackBarry App Word.
  3. Aplikasi ini  hanya akan membaca satu SIM card yang yelah di daftarkan dan satu ponsel yang tadinya di gunakan untuk mengunduh saja.
  4. Untuk biaya akses layanan tadi telah di potong dari data seluler yang telah dipakai untuk mengunduh, dengan jumlah yang bervariatif tergantung jasa telekumunikasi, tidak hanya itu, sebagian transaksi ada juga yang di kenakan pulsa jadi pastikan SIM card yang akan di gunakan selalu terisi pulsa.
Baiklah penuhi terlebih dahulu syarat dan ketentuan tadi agar bisa melanjutkan ke langkah cara aktivasi mobile banking Mandiri di Android selanjutnya.

Cara Aktivasi Mobile Banking Mandiri

Pada proses ini pastikan kamu sudah mengaktifkan m banking dengan cara mendaftar ke ATM atau ke kantor cabang Mandiri terlebih dahulu dengan membaya persyartan serta ketentuan yang di atas tadi, dengan demikian kita bisa langsung menuju ke cara mengaktifkan m Banking Mandiri di hp.
  1. Siapkan SIM card yang nantinya akan di pakai (Harus terisi pulsa) tempatkan di slot 1.
  2. Buka aplikasi yang sudah kita unduh pada bagian ketentuan tadi, nah jika tampilan utamanya sudah muncul teruskan dengan tekan "Aktivasi" di saat itu pula akan muncul lampiran syarat dan ketentuan, sesudah membaca lampiran tersebut lanjutkan dengan menekan "Setuju".
  3. Masukan 16 nomor rekening yang ada pada kartu ATM, tanggal kadaluarsa serta, tanggal lahir kamu pada kolom yang telah di sediakan lalu tekan "Lanjut" yang berada di bawah layar.
  4. Dengan secara otomatis kamu juga akan mendapatkan kode dari via SMS yang berisikan kode pin ke nomor yang sebelumnya sudah terdaftar di kantor bank Mandiri, tekan "Ok".
  5. Lanjutkan langkah cara mengaktifkan m-Banking Mandiri dengan mengisi kolom password sebanyak dua kali dengan satu password yang sama untuk konfirmasi, isi juga kolom alamat email kamu.

    Catatan; Kamu juga bisa melakukan proses di atas tadi dengan langsung mengunjungi gerai bank terdekat untuk mendapatkan bantuan dari costamer.
  6. Sekarang kita akan mencoba masuk kedalam menu m-banking. Kita akan kembali menuju halaman utama untuk mengisi User ID yang kita dapatkan tadi pada kolom isian, setelah itu muskan password dan klik "Masuk".
    cara aktivasi mobile banking Mandiri
  7. Secara otomatis akan muncul lapiran "Verifikasi Nomor HP Anda" untuk memastikan bila kamu adalah pemilik akun asli, tap "Mulai Proses Verifikasi" untuk ke halaman selanjutnya.
    cara aktivasi mobile banking Mandiri
  8. Sama persis seperti poin di atas tadi, masukan 16 nomor yang ada di kartu ATM, tanggal kadaluarsa, dan tanggal lair kamu.
     cara aktivasi mobile banking Mandiri di Android
  9. Dan sekarang kita sudah berhasil masuk ke beranda m-Bankinig Mandir, kamu bisa lihat contoh di screendhot untuk memastikan.
     cara aktivasi mobile banking Mandiri di Android
Cara mengaktifkan m Banking Mandiri di hp memang sangat mudah, tapi taukah kamu jika masih banyak pula yang masih belum bisa di karenakan beberapa kendala, Jika kamu juga gagal melakukan aktivasi mobile banking cek beberapa tips dari saya dibagian bawah ini.

Tips: Untuk pengguna SmartPhone dual SIM cek kembali letak SIM card yang di gunakan mengakses, karena di haruskan melakukan akses hanya melalui slot 1. Cek kembali pulsa kamu karena untuk langkah cara aktivasi mobile banking Mandiri di Android pada halaman OTP tadi dikenakan tarif pulsa (Bukan kuota).

Selamat mencoba cara mengaktifkan m Banking Mandiri di hp dan semoga kamu bisa melakukan dengan membaca langkah-langkah saya tadi.

Karena dengan m Banking kamu bisa melakukan pembayaran online shop, listrik, transaksi dengan sesama maupun beda bank, kamu juga dapat melakukan cek saldo bahkan melihat semua history transaksi langsung dari genggaman tangan kamu.

Untuk mengakses moblie banking Mandiri kembali tinggal memasukan ulang password tadi, demikian dari saya semoga bermanfaat dan selamat mencoba.