17 Jul 2018

Cara Daftar m-Banking Mandiri di ATM dengan Contoh Gambar

Cara daftar m-Banking Mandiri online memang sangat ramai dicari oleh para nasabah, sebab di zaman seperti ini perencanaan dan kemudahan cara transaksi keuangan sangat penting untuk bisnis. Nah oleh karena itu banyak yang memanfaatkan teknologi pembayaran seperti m-Banking agar memiliki alternatif lain ketika terjadi kendala saat ingin menggunakan ATM.

Sebelum bisa menggunakan layanan m-Banking tentu saja tahap awal yang harus di lakukan adalah mendaftar dan aktivasi mobile banking dahulu. Selain bisa daftar mobile banking Mandiri lewat ATM kamu juga bisa mendangi kantor cabang Mandiri terdekat.
Cara Daftar mobile Banking Mandiri via ATM

Membahas tentang mobile banking saya sudah mencari informasi dengan detail mengenai kelebihan, dan kekurangan sampai cara daftar mobile banking Mandiri lewat ATM, bahkan keunggulan fitur-fitur m-Baking Mandiri. Baiklah langsung saja kita bahas dengan membaca artikel di bawah ini.

Kelebihan Mobile Banking (m-Banking)

Jangan lewatkan bagian ini! karena sebelum daftar mobile banking Mandiri via ATM pertama-tama yang harus kita kenali adalah cara kerja mobile banking tersebut, banyak dari para pengguna yang tidak bisa menggunakan m-Banking dengan baik karena tidak tau kelebihan dan kekurangannya otomatis mereka juga tidak tau betul tentang apa itu mobile banking.

Catatan: kelebihan dan kekurangan mobile banking yang tertera di bawah ini tidak hanya berlaku kepada bank Mandiri saja tapi juga untuk pihak bank lainnya.

1. Fitur yang mudah di pahami

Sebagian besar pihak bank telah mencermati nasabah dari tingkat menengah ke bawah dengan tujuan menbuat layanan yang mudah dipahami untuk pengguna bagi yang masih belum paham (pemula), maka dari itu fitur yang disediakan pada aplikasi mobile banking cukup mudah dimengerti. Kamu enggak perlu mempunyai kemampuan khusus dibidang internet untuk bisa mengoprasikan m-Banking.

2. Biaya lebih ringan

Jika dulunya kamu sering melakukan transaksi di bank dengan anggaran tambahan untuk jasa admin atau teller yang mengurusi kebutuhan, tapi dengan adanya mobile banking kamu bisa melakukan pembayaran serta penagihan secara langsung tanpa perantara melainkan melalui aplikasi, yang menjadikan biaya transaksi lebih murah.

3. Catatan data transaksi

Kemudahan selanjutnya adalah kita bisa melihat bukti pembayaran dengan melihat history di mobile banking, jadi semua aktivitas akan dicatat guna untuk menginformasikan transaksi yang sudah dilakukan nasabah, catatan history juga bisa dijadikan bukti jika transaksi sudah berhasil dilakukan.

4. Sangat praktis

Semua layanan di atas tadi bisa kamu nikmati kapan dan di mana saja melalui mobile banking baik si Android atau iPhone yang sudah kamu aktivasi dengan cara daftar mobile Banking Mandiri di ATM atau ke bank, signal yang dibutuhkan m-Banking juga tidak seberapa, lain jika dibandingkan dengan Internet banking yang membutuhkan koneksi internet yang cukup besar, hal ini dapat memudahkan nasabah yang tinggal di daerah berkendala signal.

Wajar jika layanan ini banyak disukai oleh nasabah karena fasilitas yang diberikan sangat membantu untuk melakukan transaksi, cek saldo, bayar online shop, listrik dan keperluan lainnya. Kenali juga beberapa kekurangan untuk lebih berhati-hati menggunakan mobile banking.

Kekurangan Mobile Banking (m-Banking)

Tidak ada jalan yang tak berlubang. Kita harus selalu sadari bahwa memang tidak ada yang sempurna di dunia ini, jika di atas tadi adalah sebuah keunggulan maka di bawah ini akan membahas beberapa cela kekurangan yang telah ditemukan.

1. Penipuan

Memang sudah umum jika keamaan mobile banking lebih baik dari pada internet banking akan tetapi tetap tidak berpengaruh dalam kasus penipuan yang semakin marak, kejahatan tersebut biasanya berupa SMS yang menawarkan hadiah kepada nasabah dengan persyaratan menyertankan data diri nasaba, nah lewat data tersebut akun korban akan dibobol.

2. Biaya tambahan

Akan dikenakan biaya tambahan berupa pulsa untuk mengganti, SMS konfirmasi dan biaya perawatan software. Hal ini tidak berlaku pada semua bank.

3. Pengkhususan Smartphone

Kebanyakan aplikasi m-Banking mempunyai ukuran yang sangat besar hal ini cukup bermasalah bagi SmartPhone yang memiliki RAM dan ROM berukuran kecil, belum lagi tidak semua hp mampu menerima apilkasi ini akibatnya akan agak lemot sewaktu kita mengoprasikanya.

Berikut tadi adalah kekurangan dari mobile banking, untuk menjaga keamanan akun tetaplah berhati-hati memberikan data diri pada orang lain, teliti dulu jika mendapatkan penawaran berhadiah yang mengatasnamakan pihak bank dan selalu ingat password akun. Pada umumnya kekurangan tersebut tidak akan berpengaruh pada sebagian nasabah yang sudah nyaman menggunakannya.

Syarat dan Fitur Mobile Banking Mandiri

Sebelumnya melakukan cara daftar m-Banking Mandiri online pertama yang harus kita lakukan adalah memenuhi beberapa persyatanh, saya juga akan menulis fitur yang telah di sediakan aplikasi mobile banking yang nantinya bisa di nikmati.

Syarat

Untuk persyaratan cara daftar mobile banking Mandiri via ATM bisa dikatan cukup mudah yaitu hanya diharuskan memiliki kartu ATM, karena natinya kartu tersebut adalah alat utama yang akan digunakan, persyaratan yang kedua adalah membawa SIM card dalam kondisi aktif dan sudah terisi pulsa biasah (Bukan kuota) yang nantinya juga akan di gunakan untuk aktivasi mobile banking.

Setelah kita melakukan cara daftar m-Banking Mandiri lewat ATM kita bisa langsung mengunduh aplikasi mobile banking yang resmi seperti download melalui PlaysStore, App Store dan BlackBarry App word lalu memasukan nomor yang sudah terdaftar di ATM tadi ke kolom persyaratan dihalaman OTP  yang terdapat  pada aplikasinya supaya bisa menikmati fitur di bawah ini.

Fitur Mobile Banking Mandiri

  1. Akses menu Transfer Antar Rekening Mandiri
  2. Akses menu Transfer Antar Rekening Bank Lain-SKN
  3. Akses menu Transfer Antar Rekening Bank lain-online
  4. Akses menu Pembeli pulsa Isi ulang
  5. Akses menu Pembayar Tagiihan
  6. Akses ke menu Faforit
  7. Melihat lokasi ATM dan Cabang
  8. Melihat Informasi Kurs dan Suku Bunga
  9. Terdapat menu Kontak Pesan
Semua keterangan tentang kemudahan dan layanan sudah kita bahas sekarang saatnya melakukan cara daftar m-Banking Mandiri via mesin ATM.

Cara Daftar m-Banking Mandiri lewat ATM

Sebelumnya saya ingatkan, sebelum daftar ke ATM kamu harus membawa SIM card yang berisikan pulsa, karena kebanya orang selalu lengah pada bagian ini. Baiklah langsung saja kita mulai langkahnya.

1. Pertama-tama adalah mendatangi ATM Mandiri terdekat lalu memasukan kartu ATM ke da;am slot mesin dan masukkan juga kode PIN 4 digit dengan benar.
Cara Daftar mobile Banking Mandiri online
2. Jika sudah masuk berhasil masuk, langsung saja pilih "TRANSAKSI LAINNYA" pada menu seperti yang saya beri tanda.
cara daftar m banking Mandiri
3. Lalu lanjutkan dengan menekan menu "PENDAFTARAN E-BANKING'' seperti screenshot sebelah kiri. Setelah berada di halaman selanjutnya pilih "MOBILE BANKING" untuk melanjutkan langkah daftar.
Cara Daftar m-Banking Mandiri online
4. Masukan nomor hp yang akan didaftarkan dan pastikan sudah terisi pulsa, lalu cek kembali nomor yang kamu masukan, jika sudah yakin tekan "BENAR".
Cara Daftar m-Banking Mandiri via ATM
5. Langkah selanjutnya adalah input PIN mobile banking dengan jumlah 6 digit angka, ulangi memasukkan kode sebanyak dua kali dengan kode PIN yang sama lalu tekan "BENAR"
Cara Daftar m-Banking Mandiri di mesin ATM.6. Selanjutnya adalah halaman "Notifikasi Mandiri SMS" baca selengkapnya! jika sudah tekan "YA" kemudian di halaman selanjutnya kamu akan dimintai untuk mengisi tanggal lahirmu pada kolom. kalau sudah selesai tekan "BENAR"
Cara Daftar m-Banking Mandiri melalui ATM
7. Setelah itu SMS OTP akan masuk kedalam nomor hp kamu, periksa di pesan pada smartphone setelah itu masukan nomor OTP pada kolom.
Cara Daftar m-Banking Mandiri online
8. Jika tampilan layar pada ATM seperti pada gambar berikut, maka selamat kamu sudah berhasil melakukan cara daftar m-Banking Mandiri di ATM, disaat itu juga akan keluar struk seperti contoh gambar.
Daftar m-Banking Mandiri online lewat atm
Setelah melakukan cara daftar m-Banking Mandiri lewat ATM seperti di atas tadi lanjutkan dengan mengunduh aplikasinya. Kemudian kamu bisa mengikuti caranya aktivasi Mandiri online di Android baca selengkapnya

Semoga kamu bisa melakukan praktek cara daftar m-Banking Mandiri lewat ATM sendiri sesudah dibantu dengan membaca langkah-langkah tadi, kita tadi juga sudah membahas tentang cara menyimpan akun mobile banking dengan aman untuk menghindari pembobolan, saya rasa itu sudah cukup bagi yang ingin mendaftar m-Banking. Sekian yang mampu saya ucapkan dan selamat mencoba.